BALAI PEMUDA KOTA SURABAYA HANGUS TERBAKAR

Surabaya, Rabu 21 September 2011

BALAI PEMUDA SURABAYA DILALAP
SI JAGO MERAH

SURABAYA – Gedung bersejarah di kota Surabaya yaitu gedung balai pemuda Surabaya selasa (20/9) terbakar. Gedung yang berdiri sejak penjajahan Belanda itu porak-poranda dilalap si jago merah.Gedung yang biasa digunakan untuk berbagai acara kesenian di kota Surabaya ini kondisinya rusak cukup parah.

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 17.30. Kejadian ini sontak mengagetkan warga kota Surabaya. Bahkan orang nomor satu di Surabaya juga ikut panik. Wali kota Surabaya Tri Rismaharini juga ikut terjun langsung memantau proses pemadaman kebakaran.

Proses pemadaman kebakaran berlangsung sekitar satu jam. Sekitar pukul 18.30 api pokok sudah dapat dikuasai oleh Dinas pemadam kebakaran kota Surabaya yang menerjunkan 18 unit mobil pemadam kebakaran. Untuk mencegah kemungkinan api berkobar kembali, maka disiapkan dua unit mobil pemadam kebakaran yang berjaga di lokasi kebakaran sampai pukul 05.00.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran di balai pemuda Surabaya. Kapolrestabes surabaya Kombespol Coki Manurung meyatakan bahwa sampai saat ini masih dilakukan penyidikan oleh tim Labfor. Beliau juga menambahkan bahwa hari ini akan memeriksa dua orang saksi.

Menurut keterangan staf bidang pembinaan operasional (koordinator lapangan) Dinas kebakaran kota Surabaya Ribut Mustaqim yang berada langsung di lokasi kejadian menjelaskan bahwa Kebakaran yang menyebabkan sekitar lebih dari 50 persen gedung balai pemuda hangus terbakar ini bersumber dari atap gedung atau plafon bagian belakang. Beliau juga menambahkan bahwa kemungkinan besar penyebab kebakaran adalah konsleting listrik dan tidak ada unsur kesengajaan. Pendapat ini diperkuat oleh ditemukannya kabel stopkontak di lokasi kejadian. Total kerugian akibat kebakaran ini juga belum bisa dipastikan berapa jumlahnya, terlebih lagi ada 5 acara yang dibatalkan akibat kejadian ini.

Kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa karena pada saat kebakaran terjadi gedung dalam keadaan kosong. Namun diharapkan jangan sampai hal seperti ini terjadi kembali karena ini akan menimbulkan kerugian yang amat besar, bukan hanya kerugian secara materil. Hal yang justru paling penting adalah jangan sampai masyarakat kehilangan salah satu tempat bersejarah yang menjadi kebanggaan warga kota Surabaya.///////////////Kontributor PasangkayuNews surabaya ///ARif Rahman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s